Logo Header  Footer
Logo Header  Footer
Tentang KamiProdukWarnaCari TokoGalleryArtikelContact Us
search icon

Tips & Trick

13 Rumah Cantik dengan Teras yang Apik
01 Feb 2017
Pertama yang harus diperhatikan adalah Funitur dan Aksesoris yang ditempatkan pada sebuah teras sangat tergantung pada kebutuhan yang berkaitan dengan letak dan fungsi teras. Ada yang dibuat dengan seadaya agar air hujan tidak mengenai bangunan rumah anda, ada yang dijadikan sebagai ruang penerima tamu, tempat bersantai atau ruang tamu. Setelahmenentukan desain, hal lain yang tak kalah penting adalahmempertimbangkan bahan karena disini funitur tersebut akan terpapar hujan dan paras yang sangat memungkinkan merusak funitur tersebut. Besi cor bisa menjadi pilihan yang tepat, akan tetapi jika ingin menampilkan suasana yang lebih hangat, bisa menggunakan bahan kayu yang tentu saja telah dilapisibahan penguat agar tahan dari iklim cuaca.

Dari segi desain arsitektur tentu saja rumah-rumah diindonesia berbeda dengan rumah di eropa. akan tetapi, satu hal yamg paling terlihat adalah Teras.Yang mana masyarakat indonesia membuat inimenjadi element yang tak pernah luput saat merekamembangun rumah baru. Meski bisa berada di belakang atau samping, pada umumnya terasdiletakjan di bagian depan rumah. Fungsinya, jika diteliti lebih jauh adalah sebagairuang transisi antara ruang luar dengan ruang dalam.Oleh karena itu, sebaiknya teras memilikikarakteryang senada dengan ruang dalam namun tidak menyampingkan posisinya yang ada diluar.Ukuran teras juga tidak pasti, tergantungt dari ukuran lahan. Yang pasti bagian yang satu iniperlu didesain sedemikian rupa agar dapat mempercantik rumah.

Akan tetapi jika teras cukup luas, sofamenjadi pilihan yang tepat karena disini pulapenghuni rumah dapat duduk santai ataubercengkrama. Hal - hal tersebut berlaku pula untuk aksesoris yang bisa saja dibuat dari kayu, batuatau keramik. Aksesoris mana yang akan digunakansangat tergantung pada selera masing - masing,tapi jangan lupa untuk memperhitungkan luasteras dengan ukuran aksesoris.Jangan sampai aksesoris membuat terasmenjadi terlihat sempit atau sesak.sumber :: Kompas.



14 Solusi Murah untuk Ruangan Kecil
01 Feb 2017
Ruangan yang terlalu sempit kerap dikeluhkan para pemilik rumah tipemungil. Salah satu alternatifnya adalah merenovasinya, yang pasti perlu biaya. Apa solusi yang terbaiknya ???? Hiasan dinding solusi terbaik, termurah dan termeriah. Hiasan dindingtidak hanya berfungsi sebagai hiaan semata, jika anda termaksudorang kreatif, anda bisa menggunakan hiasan dinding untuk menutupi kekurangan pada sebuah ruangan. Salah satu contoh multifungsihiasan dinding dapat kita gunakan untuk membuat ruangan yang sempit menjadi tampak lebar dan panjang. Letakan hiasan dinding yang berupa lukisan garishorizontal. Lukisan-lukisan tersebut akan membuat ilusi pada ruanganyang sempit sehingga terlihat lebih panjang dan lebar.

Selain itu, pasanglah cermin yang cukup besar di ruangan yang sempit tersebut. Pantulan bayangan dari cermin dapatmemberi ilusi seolah - olah masih terdapat ruangan lain di balik cermin. Dinding di sebelah cermin memberikan warnayang lebih gelap dibandingkan dengan dinding lainnya. Hiasan dinding dengan warna-warna cerah dapat memantulkangambar tersebut dapat memberikan kesan ruangan tersa lebih besar. Jika anda memiliki masalah dengan ruangan yangberlangit - langit rendah terlihat lebih tinggi. Bagaimana jika anda memiliki ruangan yang tidak memiliki banyak perabotan ?Anda bisa menempatkan hiasan pigura kecil pada ruangan itu dengan gambar berurutan yang rapi. Hasilnya, ruanganyang kosong tersebut akan terlihat lebih berisi, indah dan menarik.
15 Kiat Siasati Dapur Mungil
01 Feb 2017
Setelah merenovasi rumah biasanya ada pekerjaan yang kurang sempurna atau karena kekeliruan dari para tukang. salah satunya adalah retak pada dinding, masalah ini terjadi disebabkan plesteran dinding dilakukan saat pemasangan batu batu dan adukan belum benar-benar kering. Perbedaan kadar air akan membuat dinding retak.

Hal ini yang menyebabkan adalah komposisi adukan yang kurang tepat. Pengelupasan cat dari pengecatan ulang dapat dilakukan. Tetapimembutuhkan proses yang cukup lama. Ada beberapa cara cepat yangdapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini.

1. Aplikasikan cat bermotif pada dinding. Cat efek, washed, rangged atauefek lainnya akan menyamarkan retak-retak di dinding, karena warnanya sendiri sengaja dibuat tidak rata. Dinding bermotif dapat menjadi aksenyang menarik pada ruang. Yang harus diperhatikan adalah janganmengaplikasikan cat efek berwarna tua keseluruh bagian dinding.

2. Pasang wallpapper pada dinding. Pemasangan wallpaper akan menutup permukaan dinding dengan sempurna, sehingga retak-retak pun jadi tak kelihatan. Saat ini, jenis wallpapper sangat banyak sekali, tergantung dari selera kita. Motif ataupun warna banyak pilihannya.
16 Memilih Cat Dinding yang Baik dan Berkualitas
01 Feb 2017
Yang harus diperhatikan untuk memilih cat dinding :
1. Cat harus memiliki pigmen yang bagus, dengan begitu warna cat tidak akan berubah dalam kurun waktu yang cepat.

2. Daya rekat cat harus bagus, kualitas cat yang memiliki ketahanan warna dan daya rekat yang kuat sampai mencapai usia 4 tahun atau lebih. Selain itu daya tutup juga sangat diperlukan.

3. Cat dinding tidak mengandung bahan yang berbahaya. Bila muncul gejala pusing dan mual ketika mencium bau cat maka segera ganti cat dinding anda.

4. Anda harus memilih cat yang sesuai dengan cat yang sebelumnya, ini dikarenakan agar cat yang baru cocok dengan cat yang lama .

5. Pilih cat tembok yang tahan lama terhadap segala cuaca .
17 Rumah adalah Jati DiriKu
01 Feb 2017
Rumah adalah jendela kepribadian penghuninya . Sudut-sudut desain bangunan dan interior rumah mampu berbicara lebih dari satu pertanyaan tentang penghuninya . Banyak orang yang meniru desain rumahnya dari oran lain tapi tetap menciptakan suasana dan kesan yang berbeda satu dengan sama lain .

Pengaruh dari gaya hidup masing-masing individu sangat mempengaruhi.pengaruh tersebut dapat dilihat diberbagai hal, mulai dari warna, pentaan area,aksesoris, funitur, perlengkapan rumah dan lain - lain . tentu saja gaya hidup inidipengaruhi oleh perkembangan zaman dan adanya perubahan cara pandangdalam menyikappi kehidupan . Orang akan memilih konsep sesuai dengan seleranya .

Suatu contoh orang yang mempunyai mobilitas tinggi dan praktis, akan menata rumahnya dengan sederhana. Tidak terlalu banyak barang dan funiture .Sebaliknya orang yang sering berpesta akan menata rumahnya dengan area - areayang luas dan banyak menggunakan sofa . Oleh karena itu rumah bisa dijadikan acuanuntuk melihat jati diri ataupun gaya hidup pemiliknya
18 Berkreasi di Ruang Sempit
01 Feb 2017
MEMILIKI rumah yang nyaman adalah impian setiap orang. Boleh jadi, tolak ukur kenyamanan terletak pada penataan ruang yang lapang. Lantas bagaimana dengan rumah yang berada di lahan sempit ? Penataan ulang untuk ruang dan perabot menjadi solusi efektif yang patut di coba. inilah saatnya si pemilik rumah berkreativitas dengan huniannya agar setiap sudut ruang dapat difungsikan dengan optimal, meninggalkan kesan sesak atau sempit.

Anda dapat menggali sudut ruang yang awalnya 'Stagnan' menjadi lebih estetis dan fungsional. Ruang yang tadinya terkotak-kotak, bisa dibedah menjadi satu kesatuan yang lapang dan leluasa misalnya, ruang tamu bisa diubah menjadi teras dan dioptimalkan sebagai tempat duduk di area semi-terbuka. Tidak lupa percantik area tersebut dengan pemilihan perabot yang minimalis dan tidak mudah kotor, mengingat area ini ada bagian luar rumah.Sebagai penyejuk, Anda pun bisa 'menyelipkan' kolam hias mungil di sudut halaman atau taman kecil dengan aneka tanaman hias yang dapat menyegarkan mata. Tembok yang semula menjadi penyekat ruangan dapat digantikan keberadaannya dengan perabot - perabot atau kaca bertirai.
19 Berkreasi dengan Gaya Tangga
01 Feb 2017
MENDANDANI rumah bisa menjadi pekerjaan yang tak kunjung usai. Area tangga, sebagai penghubung dua lantai, tak ketinggalan menjadi bagian untuk ditata seapik mungkin demi meningkatkan estetika rumah. Bahkan, dengan penataan yang tepat, tangga bisa menjadi fokus desaign rumah dalam ruang. Bagian ini bisa memberi esensi lebih pada penataan ruang secara keseluruhan. Dalam hal ini, faktor utama yang harus diperhatikan adalah ketersediaan ruang untuk dijadikan area tangga. Anda bisa menentukan bentuk desaigntangga yang dapat digunakan. Apakah berbentuk lurus, setengah lingkaran spiral, menyerupai huruf 'U' dan sebagainya.

Pertimbangkan pula fungsi areal kosong di bawah tangga agar tak terbuang percuma demi pemaksimalan ruangan. Misalnya, meskipun bentuk tangga hanya lurus dan tak banyak ornamen, bagian bawahnya bisa dijadikan rak buku sehingga area bawah tangga tetap terlihat menarik. Faktor keamanan punperlu diperhatikan, terutama jika memiliki anak balita dan lansia di rumah.Keberadaan handrail mutlak\diperlukan dengan bagian sisi yang juga tertutup demimelindungi anak tak terjatuh saat meniti anak tangga. Demi kenyamanan, tinggi anak tangga sebaiknya sekitar 20-25 cm. Lebih dari itu, hal ini dapat membuat kaki lebih cepat lelah karena terlalu tinggi.

Sementara itu, untuk lebarnya, setidaknya 25 cm agar tetap memberi kenyamanan bagi kaki saat menapak. Apabila jumlah anak tangga banyak, tak ada salahnya memberi area boardes (tempat berhenti sementara) yang jamak di lakukanuntuk ensiasati agar tak terlalu letih saat menaiki anak tangga. Selanjutnya adalahmenentukan jenis penutup anak tangga dan warna nya. Berhubung tangga menjadi area peralihan yang menghubungkan lantai atas dan bawah, harmonisasi desain secarakeseluruhan perlu diperhatikan. Lebih mudah jika menggunakan warna netral seperti Putih, Abu-abu, atau Coklat. Bahan penutup anak tangga pun bisa beragam, tergantungdari gaya desain yang diinginkan. Untuk memberi kesan mewah, lantai marmer banyakdigunakan atau dengan lantai berkeramik berlapis glossy.Tak ada salahnya menggunakan karpet yang tidak licin karena lebih aman, sementara itu motif kayu mampu memberikesan hangat sekaligusmengentalkan gaya natural dalam rumah. Masih banyak lagi gaya desain tangga yang bisa diterapkan di rumah, semua tergantung kebutuhan tempat, dana, dan tampilan yang ingin dihasilkan, Selamat Berkreasi. sumber : [KOMPAS]
20 Sentuhan Kecil untuk Mempercantik Ruangan
01 Feb 2017
JIKA anda mudah jenuh saat berada di rumah, boleh jadi karena suasana yang tidak pernah berubah dalam jangka waktu yang lama. Agar lebih betah, Anda perlu menghadirkan atmosfer baru dalam rumah anda sehingga lebih segar dipandang. Usaha mempercantik ruangan dapat dilakukan dengan sejumlah cara yaitu,dengan mengganti funitur , menambah aksesoris ruangan, atau mengecat ulang ruangan. Namun hal tersebut, berarti harus mengeluarkan dana yang tidak sedikit sehingga bukan pilihan yang masuk akal saat kondisi kantung sedang tidak bersahabat.

Tidak perlu khawatir, menghadirkan suasana baru tidak selalu harus menguras dana. Anda dapat melakuakan hal sederhana dengan hasil yang maksimal. Misalnya, memanfaatkan kehadiran bantal. Tak hanya sebagai salah satu perangkat tidur, bantal juga dapat berfungsi sebagai pemanis ruangan.

Mulailah bermain dengan warna. Eksplorasi warna melalui sarung bantal dapat menghasilkan perpaduan yang harmonis dengan warna dinding. Kehadirannya pundapat mempengaruhi atmosfer ruangan. Jangan ragu untuk bereksperimen. Jika ruangan didminasi dengan warna putih, letakanlah bantal dengan warna, merah, kuning tau orange.

Sentuhan warna cerah dari bantral dapat membuat suasana lebih menjadi 'Hidup'. Anda dapat membuat deretan bantal warna-warni agar ruangan tampil tidak monoton dan membuat jenuh. Selain melakuakanperpaduan warna, anda juga dapat bermain dengan bentuk, ukuran, dan motif dari bantal. Bantal yang berukuran kecil umumnya diletakan di ruang tamu. Anda dapat juga menyusun secara sejajar di sofa atau menjadikansebagiai senderan pada single chair. Sementara itu, letakanlah bantal yang berukuran besar di ruang keluarga yang beralaskan karpet. Kehadiran bantal juga turut memaksimalkan tingkat kenyamanan dalam hunian. Jangan ragu untuk terus bereksplorasi dengan menyesuaikan konsep penataan interior anda. sumber : [KOMPAS]
21 Jangan Asal Pilih Furniture
01 Feb 2017
KONSUMTIVISME sering membujuk kita agar mudah luluh dan jatuh hati pada semua produk dagangan yang ditawarkan produsen maupun penjual. Begitu banyak iming-iming memikat yangdikatakan dapat membantu hidup sepanjang waktu, mulai dari makanan, perkakas rumah tangghingga properti.Bahkan, dalam perkara yang tampak sepele, seperti memilih perabotan rumah, kita sering takberpikir panjang sehingga funitur yang terlihat bagus di toko menjadi sia-sia di dalam rumahkarena warna atau modelnya tidak sesuai dengan tema desain interior rumah.

Oleh karena itu, sebaiknya jangan sekedar mengedepankan suka atau tidak dalam memilih funitur,tetapi pertimbangkan juga kebiasaan penghuni sehari-hari, dimensi rumah dan anggaran.Kita tentu hafal dengan kebiasan setiap anggota keluarga. Kebiasaan itu akan mempengaruhi kebutuhan.Hal ini penting untuk memilih funitur yang sebisa mungkin memenuhi kebutuhan tersebut.Salah satu contoh kebiasaan adalah dalam menerima tamu, apakah angota keluarga lebih sering menerima tamu dalam ruang tamu atau ruang keluarga ? Bila jawabannya adalah ruang tamu,kita cukup mengisi ruangan ini dengan dua kursi duduk, sebuah meja, dan credenza. Sebuah funitur yang ada di toko kadang mengecoh soal ukuran.

Dalam showroom yang luas, kita sering mengira funitur yang ada disana akan sesuai dengan luas ruangan rumah kita. Padahal, sesampainyadi rumah ukurannya jadi kebesaran. Oleh karena itu, ukur dulu luas ruang yang ada di rumah dan funitur yang akan dibeli. Harga juga harus dipikirkan. Material dan Finishing suatu funitur mempengaruhi mahal murahnya. Kita sebenarnya bisa datang ke tukang kayu dan memesan funitur seperti yang dilihat di toko. Agar lebih ramah lingkungan, kita bisa pula mengkreasi ulang funitur lama. Pengeluaran pun lebih irit. Membeli funitur dari satu toko saja sering membawa keuntungan bagi tata ruang rumah kita. Alasannya, ada sejumlah toko yang merancang dan membuat sendiri produknya sehingga unik dan berbeda dari yang lain. Jangan lupa, usahakan setiap funitur di dalam rumah memiliki benang merah.
22 Tips Agar Rumah Tidak Panas
01 Feb 2017
Prinsip dalam mengatasi panas pada bangunan tropisadalah mengurangi intensitas radiasi matahari yang masuk ke dalam rumah. Oleh sebab itu, desain untuk rumah tropis harus memperhatikan beberapa hal yang berkaitan dengan masalah iklim. Berikut ini adalah be-berapa tips untuk mengurangi panas dalam rumah yang bisa diterapkan di rumah anda.

1.Ventilasi atap
Bukaan ventilasi tidak hanya untuk badan rumah, teta-pi juga ruang atap yang langsung menerima radiasipanas dari matahari. Bila suhu di atap telah didingin-kan, panas yang diteruskan ke bawah akan berkurang.

2.Langit-langit tinggi
Jarak yang jauh antara lantai dan plafon dapat menurunkan suhu ruangan karena adanya ruang kosong yang memungkinkan udara bergerak bebas. Panas dari atap bisa didinginkan dengan catatan ventilasi ruang juga harus baik.

3.Orientasi bangunan terhadap matahari
Bangunan yang sering digunakan, seperti kamar tidur dan ruang keluarga sebaiknya tidak diletakkan di daerah barat. Bila tidak memungkinkan, ruang yang terkena matahari sore dapat didinginkan suhunya dengan pengolahan khusus, misalnya dengan material tertentu.

4.Ventilasi silang
Udara dapat mengalir pada tempat yang berbeda tekanannya. Oleh karena itu, buatlah bukaan pada dua sisi bangunan yang saling berseberangan. Agar alirannya dapat berputar ke seluruh ruangan, buatlah bukaan dengan ukuran yang berbeda dan tidak saling berhadapan.

5.Warna Bangunan yang terang
Dalam teori warna disebutkan, warna terang akan memantulkan panas dan warna gelap akan menyerapnya. Ini juga berlaku pada bangunan. Oleh karena itu, pilihlah cat warna-warna cerah (putih atau peach) untuk cat exterior rumah anda.

6. Halaman dengan tanaman
Untuk taman, sebaiknya jangan biarkan seluruhnya berupa perkerasan tanpa ada tanaman. Tanaman dapat menyerap panas dan warna hijaunya cukup menyejukkan. Minimal bila lahan tidak memungkin-kan, letakkan tanaman hijau didalam pot.

7.Taman di atas
Pada beberapa desain rumah, ada yang bagian atas rumahnya ditanami rumput atau dibuatkan kolam. Keduanya dapat menurunkan suhu di bawahnya. Khusus untuk pembuatannya, perhatikan utilitasnya agar tak ada masalah kebocoran, lembab, dan lain-lain.

Logo Header  Footer
Logo Header  Footer
Factory & Head Office
Jl. Raya Cikande - Rangkasbitung KM.15 No.2 Serang, Banten - Indonesia
cs@trichempaints.com
Copyright © 2022 PT.TRISULA ALCHEMINDO All Rights Reserved, Website by IKT
Website by IKT
Contact Information